Jumat, 18 Mei 2012

SOFTSKILL ETIKA PROFESI

Nama           :R.Bima Sakti B.
NPM             :34409345
Kelas            :3ID05
Keterangan    :Tugas 2 Softskill etika Profesi
Mata Kuliah    :Etika Profesi
Dosen           :SUDARYANTO, MSC, DR.IR

Pertanyaan :
1. Jelaskan perbedaan pokok antara moral dengan etika, berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari!

2. Jelaskan perbedaan pokok antara paham kantianisme dan utilitariansime! Berikan contoh masing-masing! Paham mana yang lebih banyak dianut oleh para profesional/Insinyur di bidang keteknikan? Mengapa? 

3. Jelaskan yang dimaksud dengan dilemma moral, beri contoh dalam kejadian
dalam kehidupan sehari-hari!.

4. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah dimilikinya kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut jelaskan kompetensi utama dan kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia! 
Jawab:
1.Moral adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan etika,sopan santun,budi pekerti tingkah laku manusia yang erat hubungannya dengan sosialisasi serta hubungan dengan masyarakat umum.ada keterikatan dengan adat istiadat serta norma norma yang harus dipatuhi.
Contoh :Seperti hidup bertetangga di lingkungan perumahan  atau bekerja pada suatu instansi dimana moral sangat di butuhkan agar terjadi kelangsungan hubungan harmonis antar sesama manusia.
2.Paham Kantianisme adalah Paham yang mengabaikan keputusan yang telah dipilh karena tidak perduli dengan keputusannya sendiri.
Paham utilitariansime adalah paham etis yang berpendapat  yang baik adalah yang menguntungkan, berfaedah, dan yang berguna bagi orang lain, dengan tujuan mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan yang dilakukan.
Paham yang banyak dianut oleh para insinyur dibidang keteknikan adalah paham utilitarianisme. Karena paham ini menguntungkan orang lain dengan arti bahwa peduli terhadap orang lain.namun terkadang ada beberapa yang menganut paham kantianisme.dan ini sangat jelas merugikan orang lain.
3. Dilemma moral adalah  pandangan dimana memiliki dua perbedaan pandangan moral  yang menjadi suatu masalah apabila dilemma tersebut  tetap ada maka akan merugikan orang lain.karena mempunya dilema moral tersebut.

4.  Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah memiliki kompetensi dalam bidang yang dimilikinya. Kompetensi utama yaitu ilmu pendidikan dan pengetahuan yang di milikinya dan kompetensi penunjang yaitu suatu kecakapan atau skill serta pengalaman yang harus di milikinya yang sangat berhubungan dengan industrial agar menjadi seorang Sarjana Teknik Industri Indonesia yang berkompeten dan siap di bidangnya. kompetensi utama dan kompetensi penunjang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar